Berbagi Sharing dan Informasi

Info Tugas

Logo




TUGAS KELAS VIII KBM KHUSUS (PSA IX)


Petunjuk: Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan memberikan penjelasan yang lengkap dan jelas berdasarkan pemahaman kalian tentang dasar-dasar pemrograman C++, terutama penggunaan cin dan variabel dalam perhitungan aritmatika.

  1. Perhatikan potongan kode C++ berikut:

    C++
    #include <iostream>
    using namespace std;
    
    int main() {
        int angka1;
        int angka2;
        int hasil;
    
        cout << "Masukkan angka pertama: ";
        cin >> angka1;
        cout << "Masukkan angka kedua: ";
        cin >> angka2;
    
        hasil = angka1 + angka2;
    
        cout << "Hasil penjumlahan: " << hasil << endl;
    
        return 0;
    }
    
    • Jelaskan peran dari int angka1;, int angka2;, dan int hasil; dalam kode tersebut. Apa yang terjadi di memori komputer ketika baris-baris kode ini dieksekusi?
    • Jelaskan fungsi dari cout << "Masukkan angka pertama: "; dan cin >> angka1;. Bagaimana program berinteraksi dengan pengguna melalui baris-baris kode ini?
  2. Dalam kode di atas, operator + digunakan untuk melakukan penjumlahan. Sebutkan operator aritmatika lain yang tersedia dalam C++ untuk melakukan operasi pengurangan, perkalian, dan pembagian. Berikan contoh penggunaannya dalam konteks perhitungan sederhana menggunakan variabel.

  3. Perhatikan kode berikut:

    C++
    #include <iostream>
    using namespace std;
    
    int main() {
        float panjang;
        float lebar;
        float luas;
    
        cout << "Masukkan panjang persegi panjang: ";
        cin >> panjang;
        cout << "Masukkan lebar persegi panjang: ";
        cin >> lebar;
    
        luas = panjang * lebar;
    
        cout << "Luas persegi panjang: " << luas << endl;
    
        return 0;
    }
    
    • Mengapa tipe data variabel panjang, lebar, dan luas menggunakan float dan bukan int? Jelaskan perbedaan mendasar antara kedua tipe data ini dan mengapa pemilihan tipe data yang tepat penting dalam perhitungan.
    • Modifikasi kode di atas agar program juga menghitung dan menampilkan keliling persegi panjang. (Keliling = 2 * (panjang + lebar)). Kalian perlu mendeklarasikan variabel baru untuk menyimpan nilai keliling.
  4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan "input" dan "output" dalam konteks program komputer. Bagaimana perintah cin berperan dalam proses input, dan bagaimana perintah cout berperan dalam proses output pada contoh-contoh kode di atas?

  5. Misalkan kalian ingin membuat program C++ yang meminta pengguna memasukkan jari-jari lingkaran, kemudian menghitung dan menampilkan luas lingkaran.

    • Variabel apa saja yang perlu kalian deklarasikan? Tentukan tipe data yang sesuai untuk setiap variabel.
    • Tuliskan potongan kode C++ yang akan meminta pengguna memasukkan jari-jari dan menyimpan nilai tersebut dalam variabel.
    • Tuliskan potongan kode C++ yang akan menghitung luas lingkaran menggunakan rumus Ï€r2 (gunakan nilai Ï€ sekitar 3.14159) dan menyimpan hasilnya dalam variabel.


Kerjakan di buku catatan masing-masing , kemudian foto dan unggah/upload tugas ke google classroom yang sudah disediakan.

Terimakasih .

TUGAS KELAS VII KBM KHUSUS (PSA IX)

Soal Analisis Aritmatika Animasi Sederhana dengan Scratch

Petunjuk: Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan memberikan penjelasan yang lengkap dan jelas berdasarkan pemahaman kalian tentang Scratch dan konsep aritmatika.

  1. Bayangkan kalian ingin membuat animasi sederhana yang menunjukkan proses penjumlahan angka 5 dan 3 menggunakan Scratch.

    • Sebutkan langkah-langkah utama yang perlu kalian lakukan dalam Scratch untuk mewujudkan animasi penjumlahan ini.
    • Jelaskan bagaimana setiap langkah tersebut merepresentasikan konsep penjumlahan dalam matematika.
  2. Dalam Scratch, kita dapat menggunakan variabel untuk menyimpan nilai angka.

    • Jelaskan bagaimana variabel dapat digunakan dalam animasi aritmatika untuk menyimpan angka-angka yang akan dioperasikan (misalnya, angka pertama dan angka kedua) dan hasil operasinya.
    • Berikan contoh blok Scratch yang digunakan untuk membuat, mengatur nilai, dan menampilkan nilai variabel.
  3. Untuk membuat animasi penjumlahan terlihat menarik, kita bisa menggunakan beberapa sprite yang mewakili angka-angka dan simbol operasi.

    • Bagaimana kalian akan mengatur pergerakan atau perubahan tampilan sprite (angka 5, angka 3, simbol "+", dan hasil) untuk mengilustrasikan proses penjumlahan secara visual?
    • Jelaskan mengapa penggunaan sprite yang berbeda dapat membantu pemahaman konsep aritmatika.
  4. Selain penjumlahan, kita juga bisa membuat animasi untuk operasi pengurangan.

    • Apa perbedaan utama dalam langkah-langkah pembuatan animasi pengurangan dibandingkan dengan penjumlahan di Scratch?
    • Blok Scratch apa yang akan kalian gunakan untuk melakukan operasi pengurangan pada variabel?
  5. Animasi perkalian dapat divisualisasikan sebagai penjumlahan berulang.

    • Bagaimana kalian dapat menggunakan konsep perulangan (loop) dalam Scratch untuk membuat animasi yang menunjukkan perkalian, misalnya 4 x 2 (yang berarti 2 + 2 + 2 + 2)?
    • Jelaskan bagaimana blok perulangan membantu memvisualisasikan konsep perkalian.





Kerjakan di buku catatan masing-masing, kemudian foto dan unggah/upload tugas ke google classroom yang sudah disediakan.

Terimakasih .


TUGAS 4 - ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN KELAS 8 [14 April 2025]
MATERIAL CONTOH :
ALGORITMA MENGHITUNG LUAS PERSEGI PANJANG
1. MULAI
2. TENTUKAN NILAI LUAS PERSEGI PANJANG,
   TENTUKAN NILAI PANJANG DAN LEBAR
3. HITUNG LUAS PERSEGI PANJANG L=PANJANG*LEBAR
4. CETAK LUAS PERSEGI PANJANG
5. SELESAI

---------------------------
CONTOH PEMROGRAMAN MENGHITUNG LUAS PERSEGI PANJANG
---------------------------

#include<iostream>
using namespace std;

int main(){
int panjang, lebar, hasil;
panjang=20;
lebar=10;
hasil=panjang*lebar;
cout<<"Hasil dari perhitungan luas persegi Panjang adalah ="<<hasil;

return(0);
}

Soal tugas silahkan cek google classroom masing-masing.






TUGAS 3 KELAS VII - 26 FEBRUARI 2025

  1. Amati video di bawah ini : 
  2. dari hasil pengamatan video , buat contoh Algoritma menghitung luas persegi panjang.
  3. Pelajari materi tentang Algoritma dan Pemrograman Scratch klik disini
  4. Kerjakan Buku paket Informatika kelas VII Bab 7 Algoritma dan Pemrograman halaman 200 - 201 (Jawabannya saja)

Kerjakan di buku catatan , kemudian foto dan unggah/upload tugas ke google classroom yang sudah disediakan.


Terimakasih .


-------------------------------------------------------------------------------------------------------------





INFORMASI TUGAS 24 FEBRUARI 2025 - TUGAS 3

Tugas 8A & 8B

Pelajari materi bab 1 dan bab 2 pemrograman yang sudah dikirim.

1. Buat tampilan program c++ seperti di bawah ini :


2. buat program untuk menampilkan seperti di bawah ini;

Source Code tulis dibuku catatan.
Screenshoot kumpulkan dan kirim ke google classroom.

Terimakasih.



Publish 10 Februari 2025

Bagi Peserta didik yang belum mengumpulkan Tugas / batas waktu pengumpulan sudah terlewat, silahkan kirimkan via email berikut:
email :
manoviyadi@windowslive.com

Subjek : Tugas 1 / Tugas 2
Jangan Lupa Nama dan Kelas


Terimakasih.


-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Publish 28 Januari 2025
TUGAS 1
CEK GOOGLE CLASSROOM MASING-MASING

TUGAS 2  [ update 3 Februari 2025]
3-7 Februari 2025 (silahkan akses menu Tugas Informatika pada webblog ini.

Kelas 8A,B,C

Pelajari materi tentang If Majemuk Klik Disini 

  1. Jelaskan dengan rinci apa yang dimaksud dengan IF Majemuk dalam Microsoft Excel. Bagaimana cara kerjanya dan apa tujuan penggunaannya dalam spreadsheet? Berikan contoh konkret dari situasi di mana IF Majemuk akan sangat membantu dalam analisis data.
  2. Buatlah sebuah studi kasus sederhana di mana Anda akan menggunakan IF Majemuk untuk mengevaluasi data. Misalnya, Anda dapat membuat studi kasus tentang penilaian siswa berdasarkan nilai tugas, UTS, dan UAS. Tentukan kriteria penilaian (misalnya, nilai akhir, grade huruf) dan bagaimana IF Majemuk akan membantu Anda mencapai tujuan analisis Anda. Tuliskan formula IF Majemuk yang akan Anda gunakan dan jelaskan langkah-langkahnya.
  3. Buku Paket Halaman 164
Jawaban dikerjakan di buku catatan masing-masing, kemudian foto dan unggah ke google classroom.

Kumpulkan di google classroom masing-masing.
Batas pengumpulan 
8A & 8B (4 Februari 2025 Pukul 23:59 WIB)
8C (7 Februari 2025 Pukul 23:59 WIB)
Terimakasih.



TUGAS 2

Kelas 7A,B,C,D,E,F  [ update 4 Februari 2025]
Pelajari materi tentang Mengelola Data dengan Rumus dan Operator Klik disini
  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Operator Acuan (Relatif, Mutlak, dan Campuran) ?
  2. Buatlah sebuah tabel berisi data nilai ulangan Matematika, Bahasa Indonesia, dan IPA untuk 5 siswa. Hitunglah nilai rata-rata untuk setiap siswa. Carilah siswa dengan nilai tertinggi dan terendah untuk setiap mata pelajaran. Buatlah grafik sederhana untuk membandingkan nilai rata-rata ketiga mata pelajaran.
  3. Buku Paket Informatika Kelas VII Halaman 169
Jawaban dikerjakan di buku catatan masing-masing, kemudian foto dan unggah ke google classroom.
Kumpulkan di google classroom masing-masing.
Batas pengumpulan :
7E & 7F ( 5 Februari 2025 Pukul 23:59 WIB)
7B & 7C ( 6 Februari 2025 Pukul 23:59 WIB)
7A ( 7 Februari 2025 Pukul 23:59 WIB)
7D ( 8 Februari 2025 Pukul 23:59 WIB)

Terimakasih.









-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Publish 9 Desember 2024
Tugas Tambahan (pilih salah satu):
  1. Membuat 1 gambar digital / manual berkaitan dengan Informatika  , kemudian foto .
  2. Membuat video presentasi tentang materi yang sudah diajarkan, maksimal 2 menit
  3. Tugas Perbaikan ASAS Membuat rangkuman (tulis tangan) materi yang belum dipahami, contoh materi yang belum dipahami adalah Sistem Bilangan Biner, berarti buat rangkuman tentang Sistem Bilangan Biner tulis tangan lalu kirim (di Foto) .

Jika tugas sudah dikerjakan, silahkan kirim ke link yang sudah disediakan.
Klik link di bawah ini , untuk mengumpulkan tugas tambahan.


Semua tugas , Pengumpulan paling lambat tanggal 16 Desember 2024 Pukul 23:59 WIB. 
(MAAF SUDAH DITUTUP)


Guru Informatika,

Yanu Manoviyadi, S.Kom.,Gr., MCE.

0 $type={blogger}:

Post a Comment

USER ONLINE

Pengunjung

Flag Counter