Berbagi Sharing dan Informasi

This is default featured slide 1 title

"Belajar itu seperti menanam pohon, semakin sering kita sirami, semakin besar dan kuat pohon itu tumbuh."

This is default featured slide 2 title

"Setiap tetes keringat yang kamu keluarkan saat belajar adalah investasi untuk masa depanmu."

This is default featured slide 3 title

"Jalan saja, nanti juga sampai. Segala hal yang kita lewati adalah sebuah perjalanan, jadi tetaplah berusaha sampai di kilometer selanjutnya."

This is default featured slide 4 title

"Impian tidak dapat terwujud dengan sendirinya, akan tetapi impian akan datang ketika seseorang berusaha untuk meraihnya."

This is default featured slide 5 title

"Yang kelihatan indah, belum tentu dalamnya serupa. Yang kelihatan hebat, juga belum tentu hebat betulan. Tak perlu mengagumi berlebihan, bisa jadi dirimu lebih hebat darinya."

Thursday, September 25, 2025

TUGAS INFORMATIKA KELAS 7 - 25 SEPTEMBER 2025

Tugas Mata Pelajaran Informatika Kelas 7F :


1. Pelajari Bab Berpikir Komputasional
2. Kerjakan Tugas Aktifitas Individu 
    BK-K7-01-U 
    BK-K7-04-U
    BK-K7-05-U
    pada Halaman 29, 32, dan 34.
3. Jawab dimasing-masing buku catatan, Jawaban beserta Alasan. (Tulis Soal)
4. Wajib Kumpulkan Tugas yang sudah dijawab ke Ruang Guru. (Meja Pak Yanu)

NB. Minggu Depan pengambilan nilai Asesmen Tengah Semester Informatika. Pelajari Bab 1. 2 dan 4.

Terimakasih .

Yanu Manoviyadi, S.Kom., Gr., MCE.
Share:

Wednesday, September 24, 2025

TUGAS INFORMATIKA KEAS 8 - 25 SEPTEMBER 2025

Tugas Mata Pelajaran Informatika Kelas 8B, 8D dan 8C

Kerjakan tugas di bawah ini !

1.  Pelajari materi tentang JKI di halaman 96 - 99

2.  masing-masing kelompok membuat slide presentasi (canva, ppt, slides google, dll)  tentang jenis-jenis jaringan:


3. slide presentasi terdiri dari :

PENGERTIAN JARINGAN ... (SESUAI KELOMPOK)

MANFAAT/FUNGSI JARINGAN ... (SESUAI KELOMPOK)

CARA KERJA JARINGAN ... (SESUAI KELOMPOK)

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN JARINGAN ... (SESUAI KELOMPOK)

KESIMPULAN

DOKUMENTASI FOTO BERSAMA KELOMPOK


4. BERIKUT JENIS JARINGAN KOMPUTER DAN NAMA KELOMPOK :

JENIS JARINGAN KOMPUTER:

TIM 1 : PAN

TIM 2 :LAN

TIM 3 : MAN

TIM 4 : WAN

TIM 5 : CAN


NAMA KELOMPOK

KELAS 8B :



KELAS 8D :

KELAS 8C


catatan : Pembagian Kelompok Hasil otomatis dari sistem pembagian kelompok online generate sebanyak 10x. 


5. Kumpulkan Link slide presentasi / file presentasi via email dengan ketentuan sebagai berikut :

subject : NamaKelompok_Kelas contoh : KELOMPOK1_KELAS8D

email : manoviyadi@guruinovatif.net


BATAS AKHIR PENGUMPULAN 8C DAN 8D:

Kamis, 25 September 2025 Pukul 16:00 WIB


BATAS AKHIR PENGUMPULAN 8B:

Selasa, 30 September 2025 Pukul 16:00 WIB


Terimakasih.

Yanu Manoviyadi, S.Kom., Gr., MCE.




Share:

Tuesday, September 23, 2025

ASESMEN HARIAN 1 - INFORMATIKA 7

Asesmen adalah upaya untuk mendapatkan data atau informasi dari proses dan hasil pembelajaran untuk mengetahui kinerja peserta didik terhadap capaian pembelajaran tertentu yang selanjutnya diberikan penilaian dan evaluasi. Asesmen dapat dilakukan dengan teknik ujian atau penugasan.

Berikut Susulan Asesmen Harian 1 dan Remedial untuk kelas VII Mata Pelajaran Informatika

Batas Waktu :

Jumat, 26 September 2025 Pukul 23:59 WIB

Pilihan Ganda

Asesmen 1 Informatika 7


Remedial 1 :
REMEDIAL 1



Tidak Lupa untuk memberikan Nama Lengkap dan Kelas.

Terimakasih.


Yanu Manoviyadi, S.Kom., Gr., MCE.

Share:

Monday, September 8, 2025

Iklan Digital: Kenalan Yuk!

Apa Itu Iklan Digital?

Iklan adalah cara untuk mengumumkan atau memperkenalkan produk, jasa, atau ide kepada publik dengan tujuan untuk membujuk atau memengaruhi mereka. Sederhananya, iklan adalah pesan berbayar/gratis dari sebuah perusahaan/pembuat iklan kepada calon konsumen.

Tujuan utama iklan adalah untuk:

  • Meningkatkan Penjualan: Membuat orang tertarik untuk membeli produk atau jasa.
  • Membangun Merek: Membuat merek lebih dikenal dan dipercaya oleh publik.
  • Menyebarkan Informasi: Memberi tahu orang tentang adanya produk atau layanan baru, promosi, atau acara tertentu.

Jenis-jenis Iklan

Iklan dapat dibagi menjadi dua kategori besar berdasarkan media yang digunakannya:

1. Iklan Konvensional

Iklan konvensional adalah bentuk promosi yang memanfaatkan media massa tradisional atau media di luar ruangan yang sudah ada sebelum era internet. Fokus utamanya adalah menjangkau audiens seluas-luasnya melalui saluran yang sudah dikenal dan mapan. Iklan ini biasanya disebarkan secara satu arah, di mana pesan dari pengiklan disampaikan kepada publik tanpa ada mekanisme interaksi langsung yang mudah.

  • Media Cetak: Iklan di koran, majalah, dan brosur.
  • Media Elektronik: Iklan di televisi dan radio.
  • Media Luar Ruang: Iklan yang dipasang di baliho, spanduk, atau papan reklame di jalan.

2. Iklan Digital

Iklan Digital adalah segala bentuk promosi yang disampaikan melalui media elektronik dan internet. Sederhananya, ini adalah iklan yang Anda lihat di media sosial, situs web, aplikasi, dan mesin pencari.

  • Media Sosial: Iklan bersponsor yang muncul di Instagram, TikTok, atau Facebook.
  • Mesin Pencari: Iklan yang muncul di bagian atas hasil pencarian Google.
  • Video dan Aplikasi: Iklan yang muncul di YouTube atau di sela-sela game.

Iklan digital menjadi sangat populer karena lebih tertarget dan terukur. Pengiklan bisa tahu persis berapa orang yang melihat iklan, mengekliknya, dan berinteraksi dengannya.

Iklan digital berbeda dari iklan konvensional (seperti di koran atau televisi) karena memiliki beberapa keunggulan utama:
  • Lebih Terukur: Anda bisa tahu persis berapa banyak orang yang melihat iklan Anda, berapa banyak yang mengekliknya, dan berapa banyak yang akhirnya membeli.
  • Lebih Tertarget: Iklan bisa ditampilkan hanya kepada orang-orang tertentu yang Anda inginkan (misalnya, berdasarkan usia, hobi, atau lokasi).
  • Lebih Fleksibel: Anda bisa mengubah iklan, menyesuaikan anggaran, atau menghentikannya kapan saja.
Secara umum, iklan digital dibagi menjadi beberapa jenis utama:

Jenis-jenis Iklan Digital
  1. Iklan Media Sosial (Social Media Ads): Muncul di platform seperti Instagram, TikTok, dan Facebook. Bentuknya bisa berupa gambar, video, atau karusel yang muncul di feed atau story.
  2. Iklan Mesin Pencari (Search Engine Ads): Muncul di bagian atas hasil pencarian Google. Contohnya, saat Anda mencari "baju olahraga", Anda akan melihat beberapa hasil teratas dengan label "Iklan".
  3. Iklan Video (Video Ads): Muncul di platform video seperti YouTube sebelum atau di tengah-tengah video yang Anda tonton.
  4. Iklan Tampilan (Display Ads): Berbentuk gambar atau video banner yang muncul di berbagai situs web atau aplikasi.
  5. Iklan Email (Email Marketing) Promosi yang disampaikan langsung ke kotak masuk email pelanggan atau calon pelanggan.

Unsur-unsur Iklan yang Menarik

  1. Pesan yang Jelas: Tentukan apa yang mau dijual (produk atau ide).
  2. Visual yang Keren: Gunakan gambar atau video yang menarik.
  3. Musik & Suara: Pilih musik yang sesuai dengan suasana iklan.
  4. Ajakan Bertindak (Call to Action - CTA): Kata-kata yang mengajak penonton untuk melakukan sesuatu, seperti "Klik di sini!", "Beli sekarang!", atau "Follow Instagram kami!".
Kesimpulan
Iklan adalah cara untuk memperkenalkan sesuatu kepada publik. Iklan konvensional (di TV, koran) memiliki jangkauan yang luas, sementara iklan digital (di media sosial, Google) lebih spesifik dan terukur. Keduanya memiliki peran penting dalam dunia pemasaran, tergantung pada tujuan dan target yang ingin dicapai.



Share:

Tuesday, September 2, 2025

ASESMEN HARIAN 1 INFORMATIKA 8

Asesmen adalah upaya untuk mendapatkan data atau informasi dari proses dan hasil pembelajaran untuk mengetahui kinerja peserta didik terhadap capaian pembelajaran tertentu yang selanjutnya diberikan penilaian dan evaluasi. Asesmen dapat dilakukan dengan teknik ujian atau penugasan.

Berikut Susulan Asesmen Harian 1 dan Remedial untuk kelas VIII Mata Pelajaran Informatika

Batas Waktu :

Jumat, 26 September 2025

Pilihan Ganda

Asesmen 1 Informatika 8


Remedial 1 :
REMEDIAL 1

Essay.


Silahkan kerjakan di buku catatan masing-masing, foto lalu upload ke form yang sudah disediakan.
terimakasih.

Upload Tugas :
Upload Tugas Informatika

Share:

Monday, September 1, 2025

PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)

 

PJJ adalah singkatan dari Pendidikan Jarak Jauh, sebuah metode pembelajaran yang memisahkan lokasi fisik antara pendidik dan peserta didik, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk menyampaikan materi, serta memungkinkan interaksi antara keduanya tanpa harus berada di ruang kelas yang sama. 


Berikut PJJ untuk kelas VIII A dan VIII B Senin, 1 September 2025

 Assesmen 1 

Pilihan Ganda:
Asesmen 1 Kelas 8

Essay


Silahkan kerjakan di buku catatan masing-masing, foto lalu upload ke form yang sudah disediakan.
terimakasih.

Upload Tugas :
Upload Tugas Informatika

Batas Waktu Pengumpulan Tugas 1 September 2025 Pukul 23:59 WIB

Share:

Monday, March 17, 2025

Elemen Dasar C++: Panduan Komprehensif untuk Pemula

Elemen Dasar C++: Panduan Komprehensif untuk Pemula

C++ adalah bahasa pemrograman yang kuat dan serbaguna yang banyak digunakan dalam pengembangan perangkat lunak. Memahami elemen-elemen dasarnya sangat penting untuk membangun fondasi yang kuat dalam pemrograman C++. Artikel ini akan membahas lima elemen dasar C++: Identifier (Pengenal), Tipe Data, Deklarasi Variabel, Assignment, dan Konstanta.

Share:

Thursday, March 6, 2025

Awal Masuk Sekolah di Bulan Ramadhan 1446 H / 2025 M: Tantangan dan Berkah

Bulan Ramadhan 1446 H / 2025 M akan menjadi momen yang unik bagi dunia pendidikan di Indonesia. Pasalnya, awal masuk sekolah diperkirakan bertepatan dengan bulan suci umat Islam ini. Kondisi ini tentu membawa tantangan tersendiri, namun juga membuka peluang untuk menanamkan nilai-nilai keagamaan dan karakter pada peserta didik.

Share:

Tuesday, March 4, 2025

Teknologi dan Spiritualitas: Menjalani Ramadan di Era Digital

Marhaban Ya Ramadhan ...

Bulan Ramadan, bulan suci bagi umat Muslim di seluruh dunia, adalah waktu untuk refleksi, ibadah, dan peningkatan spiritualitas. Di era digital saat ini, teknologi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, dan Ramadan tidak terkecuali. Namun, bagaimana kita dapat memanfaatkan teknologi untuk memperkaya pengalaman Ramadan kita, alih-alih mengalihkannya dari esensi sebenarnya? 

Share:

Wednesday, February 26, 2025

Scratch: Bahasa Pemrograman Visual untuk Semua Usia

Di era digital saat ini, kemampuan untuk memahami dan berinteraksi dengan teknologi menjadi semakin penting. Salah satu cara untuk memperkenalkan konsep pemrograman kepada anak-anak dan pemula adalah melalui Scratch, sebuah bahasa pemrograman visual yang dikembangkan oleh MIT Media Lab. Scratch menawarkan lingkungan yang menyenangkan dan intuitif untuk belajar coding, sehingga memungkinkan siapa pun untuk menciptakan animasi, game, dan cerita interaktif.

Share:

USER ONLINE

Pengunjung

Flag Counter