Berbagi Sharing dan Informasi

This is default featured slide 1 title

"Belajar itu seperti menanam pohon, semakin sering kita sirami, semakin besar dan kuat pohon itu tumbuh."

This is default featured slide 2 title

"Setiap tetes keringat yang kamu keluarkan saat belajar adalah investasi untuk masa depanmu."

This is default featured slide 3 title

"Jalan saja, nanti juga sampai. Segala hal yang kita lewati adalah sebuah perjalanan, jadi tetaplah berusaha sampai di kilometer selanjutnya."

This is default featured slide 4 title

"Impian tidak dapat terwujud dengan sendirinya, akan tetapi impian akan datang ketika seseorang berusaha untuk meraihnya."

This is default featured slide 5 title

"Yang kelihatan indah, belum tentu dalamnya serupa. Yang kelihatan hebat, juga belum tentu hebat betulan. Tak perlu mengagumi berlebihan, bisa jadi dirimu lebih hebat darinya."

Wednesday, May 22, 2013

Hadir Kembali

Udah lama ane ga nulis-nulis lagi , inipun baru dibuka kembali setelah kian lama cz kesibukan skripsi, ga terasa ane dah 5 tahun di jogja, rasa syukur, suka duka dah bercampur aduk, tp ya...sudahlah ... syukuri z, hehe




Share:

Tuesday, October 30, 2012

Dhean IT Solution

Bermasalah dengan komputer anda???
Cek gratisss ....

Share:

Saturday, December 25, 2010

Microsoft Siapkan Versi Windows untuk Tablet



MICROSOFT
CEO Microsoft Steve Ballmer.
KOMPAS.com - Pameran tahunan Consumer Electronics Sow (CES) bulan depan di AS diperkirakan akan menjadi ajang perang tablet yang kini sedang populer. Microsoft pun dikabarkan bakal membuat kejutan dengan mengumumkan versi Windows terbaru yang khusus dirancang untuk perangkat tablet.
Share:

Beranda

Terima kasih bagi yang telah berkunjung ...
Jangan lupa saran dan komentarnya iaa ...

hehe ...
Share:

Tuesday, November 16, 2010

Tugas Terkirim

Tugas dikirim sesuai dengan format yang telah ditentukan , bagi yang belum mengumpulkan tugas, tugas bisa dikumpul paling lambat akhir desember 2010 , sebelum responsi dilaksanakan.
Share:

Wednesday, April 21, 2010

Wilujeng Sumping

Wilujeng sumping sadayana ... di blog ieu, punten atuh ... blogna masih sederhana, sok ... aa , neng sadayana ... isi buku tamuna , komen2 kitu atuh hehe ...

nuhun enggeus sumping di blog urang ...
Nuhun aa , neng sadayana ...

^^
Share:

Saturday, April 17, 2010

Cara Posting Code HTML

Nah ini dia caranya posting kode html. Untuk memposting sebuah kode HTML kita membutuhkan suatu tools untuk meng-encode kode HTML. Okey...untuk yang beloem tahu caranya, ini pasti yang anda cari. Dulu saya juga binggung gimana sih caranya memposting kode HTML, Kok kalau memposting kode HTML yang keluar hasil dari kode tersebut bukan kodenya. Kalau anda juga bingung caranya, jadi saya sama bingungnya dengan saya dulu....Hehehe. gak papa, ayo sekarang kita mulai
cara melakukannya:

1. Copy kode HTML yang ingin di posting.

2. Buka website penyedia jasa tools Encoding disini atau disini.

3. Paste-kan di dalam kotak box yang disediakan oleh website penyedia jasa encoding.

4. Klik tombol Encode.

5. Please Wait...n' akan segera muncul kode html yang baru yang telah di encode.

6. Copy n' paste-kan kode tersebut ke dalam postingan anda.

7. smoga berhacil yoa...
Share:

Kode Warna Blog

Kode warna sangat penting terutama untuk anda yang sering mengotak-atik kode HTML template.
Berikut contoh kode warna yang dapat dipergunakan :







































































































































































































Kode warna yang terpilih :


Get it



Cara Membuatnya :
Cara membuatnya sebagai berikut :

#Langkah 1 :
1. Login ke blogger.

2. kalau sudah masuk ke Dasbor, klik Tata Letak.

3. masuk ke Elemen Halaman

4. Klik Tambah Widget

5. Pilih HTML/Java Sript

6. Masukkan kode JS di bawah ini :

Sumber Klik disini

3. Klik Terbitkan Entri.

Nah Sekarang kita sudah mempunyai mesin kode warna sendiri di blog kita.

Share:

Friday, April 16, 2010

Sejarah dan Pengertian Java


Java adalah bahasa pemrograman berorientasi obyek, sehingga untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik terhadap materi pada bab-bab selanjutnya, perlu disampaikan beberapa topik mengenai pemrograman berorientasi obyek yang berhubungan langsung dengan topik-topik yang akan dibahas, diantaranya mengenai konsep pemrograman berorientasi obyek, inheritance dan constructor. Topik-topik lain dalam pemrograman berorientasi obyek akan dibahas lebih lanjut bila memang diperlukan.

Pemrograman berorientasi obyek merupakan suatu konsep pemrograman dengan mengambil konsep obyek sebagai komponen dasar dari pemrogramannya.
Obyek merupakan suatu kesatuan komponen dan struktur yang di dalamnya berisi attribut yang selanjutnya dinamakan dengan member dan method yang merupakan kumpulan fungsional dari suatu obyek. Sebagai suatu analogi obyek, kita ambil obyek mobil dan lainnya. Obyek mobil ini mempunyai method berupa maju, mundur, jalan, berhenti, dan berputar. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa obyek mempunyai sifat-sifat, yaitu:

  • Member atau sering juga disebut dengan attribut yang menjelaskan variable, parameter atau keadaan (state) dari suatu obyek, misalkan pada obyek mobil terdapat member berupa roda, kemudi, seperti yang disebutkan di atas.
  • Method atau sering juga disebut dengan behavior yang menjelaskan perilaku, kegiatan atau kerja dari suatu obyek, misalkan pada obyek mobil terdapat method maju, mundur, berhenti, seperti yang disebutkan diatas.

Menulis program berbasis obyek menggunakan bahasa Java dilakukan dengan cara membentuk sebuah class, menentukan variabel member dan menentukan method. Pembentukan class dari suatu obyek ini dinamakan dengan enkapsulisasi. Untuk menggambarkan suatu obyek digunakan suatu diagram yang dinamakan dengan class diagram.

  • Nama Class
  • Member
  • Method

Bahasa pemrograman Java pertama lahir dari The Green Project, yang berjalan selama 18 bulan, dari awal tahun 1991 hingga musim panas 1992. Proyek tersebut belum menggunakan versi yang dinamakan Oak. Proyek ini dimotori oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling dan Bill Joy, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems.

Salah satu hasil proyek ini adalah maskot Duke yang dibuat oleh Joe Palrang. Pertemuan proyek berlangsung di sebuah gedung perkantoran Sand Hill Road di Menlo Park. Sekitar musim panas 1992 proyek ini ditutup dengan menghasilkan sebuah program Java Oak pertama, yang ditujukan sebagai pengendali sebuah peralatan dengan teknologi layar sentuh (touch screen), seperti pada PDA sekarang ini.

Teknologi baru ini dinamai “*7″ (Star Seven).Setelah era Star Seven selesai, sebuah anak perusahaan TV kabel tertarik ditambah beberapa orang dari proyek The Green Project. Mereka memusatkan kegiatannya pada sebuah ruangan kantor di 100 Hamilton Avenue, Palo Alto.Perusahaan baru ini bertambah maju: jumlah karyawan meningkat dalam waktu singkat dari 13 menjadi 70 orang.

Pada rentang waktu ini juga ditetapkan pemakaian Internet sebagai medium yang menjembatani kerja dan ide di antara mereka. Pada awal tahun 1990-an, Internet masih merupakan rintisan, yang dipakai hanya di kalangan akademisi dan militer.Mereka menjadikan perambah (browser) Mosaic sebagai landasan awal untuk membuat perambah Java pertama yang dinamai Web Runner, terinsipirasi dari film 1980-an, Blade Runner.

Pada perkembangan rilis pertama, Web Runner berganti nama menjadi Hot Java.Pada sekitar bulan Maret 1995, untuk pertama kali kode sumber Java versi 1.0a2 dibuka. Kesuksesan mereka diikuti dengan untuk pemeritaan pertama kali pada surat kabar San Jose Mercury News pada tanggal 23 Mei 1995. Sayang terjadi perpecahan di antara mereka suatu hari pada pukul 04.00 di sebuah ruangan hotel Sheraton Palace. Tiga dari pimpinan utama proyek, Eric Schmidt dan George Paolini dari Sun Microsystems bersama Marc Andreessen, membentuk Netscape.Nama Oak, diambil dari pohon oak yang tumbuh di depan jendela ruangan kerja “bapak java”, James Gosling.

Nama Oak ini tidak dipakai untuk versi release Java karena sebuah perangkat lunak sudah terdaftar dengan merek dagang tersebut, sehingga diambil nama penggantinya menjadi “Java”. Nama ini diambil dari kopi murni yang digiling langsung dari biji (kopi tubruk) kesukaan Gosling.Versi Awal Versi awal Java ditahun 1996 sudah merupakan versi release sehingga dinamakan Java Versi 1.0.

  • Java versi ini menyertakan banyak paket standar awal yang terus dikembangkan pada versi selanjutnya:
  • Java.lang : Peruntukan kelas elemen-elemen dasar.
  • Java.io : Peruntukan kelas input dan output, termasuk penggunaan berkas.
  • Java.util : Peruntukan kelas pelengkap seperti kelas struktur data dan kelas kelas penanggalan
  • Java.net : Peruntukan kelas TCP/IP, yang memungkinkan berkomunikasi dengan komputer lain menggunakan jaringan TCP/IP.
  • Java.awt : Kelas dasar untuk aplikasi antarmuka dengan pengguna (GUI)
  • Java.applet : Kelas dasar aplikasi antar muka untuk diterapkan pada penjelajah web.

Sumber : id.wikipedia.org

Share:

Pengenalan C++

Pendahuluan

Bahasa pemrograman C++ didasarkan atas bahasa C sehingga compiler C++ dapat digunakan untuk melakukan kompilasi program-program yang ditulis dengan bahasa C. Keistimewaan dari bahasa C++ adalah karena bahasa ini mendukung pemrograman berarah objek atau yang sering dikenal dengan istilah Object Oriented Programming (OOP).

Struktur program C++

Bahasa C++ secara umum memiliki struktur program seperti berikut:
Daftar header file
Deklarasi variabel global dan fungsi-fungsi tambahan
Kepala fungsi utama/main
Definisi fungsi utama/main
Definisi fungsi-fungsi tambahan (subroutine)
Subroutine dapat dituliskan setelah fungsi main atau di dalam file pustaka (library). Namun bila diletakan pada library, maka file library harus disertakan dengan menggunakan prepocessor directive #include yang diletakan pada daftar header file.
Contoh: /* contoh program turbo C++ */  komentar
#include  preprosesor/header file
main(){  fungsi utama
cout << “teknik ElektroUII”;  definisi fungsi utama
return 0;
}

Aturan umum penulisan bahasa C++

1. Bahasa C++ membedakan penulisan huruf besar dan kecil.
2. Untuk memberi komentar pada suatu statement (keadaan), dapat menggunakan /* di awal dan */ di akhir atau // dalam satu baris.
3. Awal dan akhir subroutine atau fungsi harus diapit kurung kurawal.
4. Setiap statement harus diakhiri tanda titik koma.
5. Setiap variabel yang digunakan wajib dideklarasikan terlebih dahulu.

Fungsi main

Merupakan fungsi yang menjadi inti dari program dan merupakan awal dan akhir eksekusi. Fungsi ini harus ada dalam setiap program. Tanda kurawal buka { merupakan tanda awal fungsi main dan tanda kurawal tutup } merupaka tanda berakhirnya fungsi main.

Prepocessor directive
Preprocessor directive merupakan suatu pernyataan yang akan diikiutsertakan dalam program, dimana pernyataan tersebut akan di-compile sebelum proses compilasi yang sebenarnya dilakukan.

Perintah-perintah dasar C++

* cout <<
Merupakan perintah yang biasa dipakai untuk menampilkan suatu keluaran pada layar
Contoh: cout << “Lab. Pemrograman Komputer”;
cout <>
Merupakan perintah yang berguna untuk memasukan data, yang selanjutnya didefinisikan sebagai data variabel.
example: int age;
cin >> age;

Konstanta

Adalah nilai numeris/karakter yang tetap atau tidak berubah. Dalam C++ ada 4 kelas konstanta, yaitu:
1. Konstanta integer, berupa integer biasa, integer panjang (long int) dan integer tak bertanda (unsigned integer). Nilainya dapat berupa desimal, oktal atau hexadesimal.
2. Konstanta floating point, dapat mengandung nilai pecahan, yang biasa ditulis dalam bentuk pecahan biasa maupun bentuk eksponensial dan selalu dinyatakan dalam double, kecuali jika diakhiri dengan F atau f (menyatakan konstanta float).
3. Konstanta string, merupakan deretan karakter yang diawali dan diakhiri dengan tanda petik ganda (“…“). Juga dapat mengandung karakter yang menggunakan tanda \ yang disebut karakter escape (escape sequence).
4. Konstanta karakter, selalu diawali dan diakhiri dengan tanda petik tunggal (‘…’). Beberapa konstanta karakter dapat diawali dengan tanda \ (penempatannya setelah tanda petik tunggal).

Tabel rangkaian karakter escape

    Sequence Karakter Deskripsi
    \a Bel Alert (bunyi bell)
    \b BS Backspace (mundur 1 karakter)
    \f FF Form feed (berganti halaman)
    \n LF New line (berganti baris baru)
    \r CR Carriage return (kembali ke kolom 1)
    \t HT Horizontal Tab (tabulasi horizontal)
    \v VT Vertical Tab (tabulasi vertikal)
    \\ \ Backslash
    \’ ‘ Petik tunggal
    \” “ Petik ganda
    \? ? Tanda tanya
    \DDD Apapun DDD adalah digit nilai oktal
    \xHHH Apapun HHH adalah digit nilai heksadesimal
    Null Karakter ASCII = 0

    Adalah suatu nilai yang dapat dinyatakan dalam bentuk konstanta atau variabel dan operator. Konstanta menyatakan nilai yang tetap, sedangkan variabel menyatakan nilai yag dapat berubah-ubah selama eksekusi berlangsung.

    Tipe data simple merupakan tipe data bawaan dari C++, tipe data ini terdiri dari beberapa tipe data yaitu:

    o Tipe data integral merupakan tipe data yang terdiri dari bilangan dengan range yang berbeda-beda.
    Tipe Data Integral Bytes Range Panjang Range
    Char 1 -128 – 127 0 – 255
    Short 2 -32.768 – 32.767 0 – 65.535
    Int 2 -32.768 – 32.767 0 – 65.535

    o Floating merupakan tipe data untuk bilangan desimal. Untuk semua Turbo C++, type floating-point yang menggunakan format-format IEEE floating-point digunakan oleh intel 8087. Type float menggunakan real format 32-bit IEEE. Type double menggunakan real format 64-bit IEEE. Type long double menggunakan extended real format 80-bit IEEE.
    Tipe Data Integral Bytes Range
    Float 4 3.4E-38 – 3.4E+38 (7 digit)
    Double 4 1.7E-308 – 1.7E+308 (15 digit)
    Long Double 8 1.7E-308 – 1.7E+308 (15 digit)

    Address merupakan tipe data yang digunakan untuk menunjuk suatu alamat memori. Sedangkan tipe data structured merupakan tipe data bentukan.

    Berikut adalah contoh program C++ :

    //Contoh 1 penjumlahan a dan b adalah nilai untuk c
    #include
    main()
    {
    int a,b,c;
    a = 25;
    b = 20;
    c = a+b;
    printf(“%d”,c);
    }

    //Contoh 2 menampilkan inputan nama
    #include
    main()
    {
    char nama[20];
    printf(“Masukan Nama anda : “);scanf(“%s”,nama);
    printf(“\nJadi Nama Anda :%s”, nama);
    }

    //Contoh 3 perhitungan luas
    #include
    #define pi 3.14
    void main()
    {
    float luas;
    float jejari=5;
    luas = 4*jejari*jejari;
    printf(“\nLuas adalah : %5.2f\n”,luas);
    }

    //Contoh 4
    #include
    void main() /*program untuk menghitung luas persegipanjang */
    {
    float P;
    int Luas,L;
    printf(“Isikan nilai panjang (p) = “);scanf(“%f”,&P);
    printf(“Isikan nilai lebar (l) = “);scanf(“%d”,&L);
    Luas = P*L;
    printf(“Luas persegi panjang (L) = %-6d\n”,Luas);
    }

    //Contoh 5
    #include
    #include //untuk mengaktifkan clrscr() dan getch()
    void main()
    {int P;
    float Luas,L,A;
    clrscr();
    printf(“Isikan data P = “);scanf(“%d”,&P);
    printf(“Isikan data L = “);scanf(“%f”,&L);
    A = 0.5;
    Luas = A*P*L;
    printf(“Luas Segitiga = %6.2f\n”,Luas);
    getch();
    }

    //Contoh 6
    #include
    #include
    void main()
    {
    char C;
    int I;
    long int LI;
    double D;
    float F;
    long double LD;
    clrscr();
    printf(“\t Daftar Ukuran tipe data \n”);
    printf(“\t Ukuran karakter : %d bytes \n”,sizeof(C));
    printf(“\t Ukuran integer : %d bytes \n”,sizeof(I));
    printf(“\t Ukuran long integer : %d bytes \n”,sizeof(LI));
    printf(“\t Ukuran double : %d bytes \n”,sizeof(D));
    printf(“\t Ukuran float : %d bytes \n”,sizeof(F));
    printf(“\t Ukuran long double : %d bytes \n”,sizeof(LD));
    getch();
    }


Sumber : http://allwinsmart.wordpress.com/2009/03/03/mulai-belajar-c-dari-dasar-1/
Share:

USER ONLINE

Pengunjung

Flag Counter